BLOG


Berca Carrier Indonesia Makin Agresif dengan One Stop Solution

28 September 2016

Pasca joint venture antara PT Berca Indonesia dan Carrier Corporation di tahun 2014, dengan nama perusahaan PT Berca Carrier Indonesia (BCI), kinerja produk-produk AC dengan brand Carrier dan Toshiba makin moncer. Sebelum joit venture, PT Berca Indonesia memang hanya sebagai dealer dan distributor produk Carrier--yang notabene sudah lebih dari 40 tahun beredar di Indonesia.

Dikatakan Murdaya Widyawimarta Po, CCM Chairman, "Dengan joint venture ini, kami ingin meningkatkan kinerja dari produk Carrier dan Toshiba, dimana Toshiba memang sudah diakuisisi oleh Carrier. Kami akan memaksimalkan layanan maupun pemasaran kedua merek AC itu. Kepemilikan saham PT Berca Indonesia sendiri di perusahaan patungan ini mencapai 67%."

Salah satu upaya PT Berca Carrier Indonesia dalam memasarkan kedua produk tersebut adalah dengan mengikuti pameran berskala Internasional, “Refrigeration & HVAC Indonesia 2016”, pada 28-30 September 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pada pameran tersebut, selain menampilkan produk-produk AC dengan teknologi terkini, BCI juga mengkomunikasikan layanan one stop solution yang dimilikinya.

Ditambahkan Wong Han Kim, CEO PT Berca Carrier Indonesia, “Perkembangan bisnis BCI sangat pesat. Tahun 2016 ini, peningkatan bisnis kami mencapai lima kali lipat dibandingkan tahun lalu. Tahun depan, kami berharap terjadi peningkatan dua kali lipat atau 200%.”

Fokus di pasar B2B (Business to Business), BCI sudah mampu dipercaya oleh berbagai proyek besar. Untuk brand Toshiba misalnya, BCI telah memenangkan proyek Distric 8 Office Tower dan Apartemen Towers-Jakarta, Pondok Indah Residence-Jakarta, Casa Domaine Residence-Jakarta, Alpha Gead Quarter-Alam Sutera-Tangerang, Kensington Residence-Kelapa Gading-Jakarta, Park Inn Hotel-Lampung, dan Taman Anggrek Residence-Jakarta.

Sementara itu, untuk merek Carrier, sejumlah proyek besar juga sudah berhasil dimenangkan BCI. Antara lain, World Trade Center 2 dan World Trade Center 3-Jakarta, Hotel Pondok Indah-Jakarta, Millenium Sirih Hotel-Jakarta, Borobudur Hotel-Jakarta, Ramada Hotel-Bali, Ciputra World-Surabaya, Binus University di Jakarta dan Alam Sutera, JIExpo Kemayoran, dan Sapodel-Jakarta.

Di segmen industri, merek Carrier bahkan sudah digunakan di pabrik Supernova Flexible Packaging, Dai Nippont Paint, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Daihatsu Motor, Honda Motor, Sampoerna, dan Asia Agro.

“Misi BCI ke depan adalah menajdi perusahaan pemberi solusi untuk masalah AC di Indonesia, yakni dengan menggabungkan kekuatan dua merek besar, Carrier dari Amerika dan Toshiba dari Jepang. Layanan satu atap atau one stop solution ini dapat dinikmati oleh semua kustomer. Bahkan, kami menawarkan servis berkala untuk pelanggan yang tidak memiliki Divisi Engineering,” tutup Murdaya Po, yang menyebutkan tidak tertutup kemungkinan ke depan, BCI akan menggarap pasar ritel yang menyasar end-user.


Sumber: https://mix.co.id/marcomm/news-trend/berca-carrier...